Khutbah Jumat Bulan Maulid | Menghindari Jebakan Setan

Khutbah Jumat Bulan Maulid | Menghindari Jebakan Setan


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْقَاهِرِ فَوْقَ عِبَادِه عِزًّا وَسُلْطَانًا. اَلْقَادِرِ عَلَى مُرَادِهِ فَمَا اتَّخَذَ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضِ أَعْوَانًا. أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى مَا عَمَّنَا بِهِ مِنْ فَضْلِهِ وَأَوْلَانَا. وَأَشْكُرُهُ وَلَمْ يَزَلْ سُبْحَانَهُ يُوْلِي الشَّاكِرِيْنَ اِحْسَانًا.


وَاَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ تَوْحِيْدًا وَاِيْمَانًا, شَهَادَةً تَكُوْنُ لِشَاهِدِهَا فِي الْاَخِرَةِ أَمَانًا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَرْسَلَهُ يَكْسِرُ أَصْنَامًا وَيَهْدِمُ أَوْثَانًا. وَيَهْدِي ضُلَّالًا وَيُبَصِّرُ عُمْيَانًا.  وَيَدْعُوْ اِلَى التَّوْحِيْدِ سِرًّا وَاِعْلَانًا.


اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا لَهُ عَلَى الْحَقِّ أَنْصَارًا وَأَعْوَانًا. اَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيًّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.


Hadirin jamaah jumat rahimakumullah


Mari kita bersama sama meningkatkan takwa kepada Allah Swt dengan upaya berusaha menjalankan perintah perintah Allah dan menjahui semua yang dilarang  Allah Swt.


Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah


Sering kita diajak untuk menuju kepada perkara perkara kebaikan, namun kita masih keberatan bahkan tidak mau untuk mendekatinya. Kita masih sering dikalahkan dan diperbudak oleh hawa nafsu kita, padahal hawa nafsu tersebut justru mengantarkan kita kepada perkara perkara yang dosa dan membuat kita hina. 


Ketika kita masih keberatan menuju perkara perkara kebaikan, dan lebih ringan dan mudah menuju perkara perkara yang membuat kita dosa dan hina, itu menandakan diri kita masih belum bisa mengontrol hawa nafsu kita, dan belum memiliki nilai keimanan yang selalu mengingatkan diri kita kepada Allah.


Padahal hal demikian adalah murni godaan dari iblis untuk menyesatkan umat umat manusia yang mudah digodanya.

Khutbah Jumat Bulan Maulid | Menghindari Jebakan Setan

Allah Swt berfirman 


قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِيْنَ اِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِيْنَ.
 

Iblis berkata Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba hamba Engkau yang ikhlas diantara mereka. (QS Al-Hijr Ayat 39-40).


Hadirin jamaah jumat rahimakumullah


Dari paparan ayat tersebut, kita bisa tahu bahwa Iblis adalah makhluk yang dikutuk oleh Allah, dan iblis akan menyesatkan umat manusia agar menganggap baik perbuatan maksiat. 


Maka dari itu, ketika kita mengalami ujian antara ajakan kebaikan atau ajakan keburukan, di situlah puncak puncaknya ketika iblis menggoda kita. Ketika kita sudah tahu rencana iblis tersebut, kita bisa langsung mematahkan godaan iblis tersebut, dan mengembalikan nilai nilai keimanan kita kepada Allah Swt.


Karena sesungguhnya setan tidak akan menjadikan manusia beriman sebagai budaknya, sebagaimana firman Allah
 

اِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ اِنَّمَا سُلْطَنُهُ عَلَى الَّذِيْنَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُوْنَ
 

Sesungguhnya iblis itu tidak ada kekuasaannya atas orang orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaan (setan) hanyalah atas orang orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan orang orang yang mempersekutukannya dengan Allah. (QS. An-Nahl Ayat 99-100).


Hadirin jamaah jumat rahimakumullah


Sebagai seorang hamba yang lemah, kita semua hanya bisa berusaha dan selalu mengingat ingat akan berbuat kebaikan, jangan sampai kita sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah namun kita enggan untuk menjauhi larangan larangan Allah, apalagi kita malah menjadi budak dari iblis iblis yang dikutuk Allah Swt.


Nabi Saw bersabda:


اِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئًا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ اِلَّا بَدَّلَكَ اللهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ.


Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, Niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik. (HR. Ahmad).

Baca Juga: Khutbah Jumat Bulan Maulid | Hikmah Di Bulan Kelahiran Nabi Saw


Hadirin jamaah jumat rahimakumullah


Semoga kita semua bisa menjadi hamba yang taat dan patuh kepada Allah, dan bisa menghindari bujuk rayu setan yang bisa menjerumuskan kita kepada perbuatan dosa. Amin ya rabbal alamin.


اَعُوْذُ بِا اللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ حَتَّي اِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُوْنِ. لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيْمَا تَرَكْتُ كَلَّا اِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ اِلَى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ. فَاِذَا نُفِخَ فِي الصُّوْرِ فَلَا أَنْسَابَ بَيْنَهُمْ يَوْمَئِذٍ وَلَا يَتَسَاءَ لُوْنَ. فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ. وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ فَأُلَئِكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْا أَنْفُسَهُمْ فِي جَهَنَّمَ خَالِدُوْنَ. تَلْفَحُ وُجُوْهَهُمُ النَّارُ وَهُمْ فِيْهَا كَالِحُوْنَ.


بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْاَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَاِيَّاكُمْ بِالْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ تَعَالَى جَوَّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel