Banyuwangi Berduka, Pengasuh ke 2 Pondok Pesantren Al-Qodiriyah Tutup Usia

Banyuwangi Berduka, Pengasuh ke 2 Pondok Pesantren Al-Qodiriyah Tutup Usia

Senin 05 Oktober 2020, Pondok Pesantren Al-Qodiriyah yang beralamatkan di Jalan KH. Abdus Shomad No 1, Parijatah Wetan, Srono, Banyuwangi, tidak seperti biasanya, semua santri terlihat dengan wajah kehilangan sosok paku pengayom dalam pondoknya.

Hari itu terasa beda, karena sang Murabbi, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiriyah ke 2 tutup usia, santri dan alumni, begitu juga para walisantri berbondong bondong untuk menunjukkan baktinya kepada almarhum, suasana pondok tidak seperti biasanya, semua merasa kehilangan sosok bapak dalam hidupnya.

Kewafatan KH. Amin Makmun Abdus Shomad sungguh membuat para santri dan alumni merasa kehilangan, karena dalam perannya sebagai pengasuh Pondok Pesantren, beliau layaknya Bapak para santri santri sendiri, bahkan semua santri merasa punya kedekatan terhadap beliau, semua mengaku sebagai anak beliau, istiqomahnya mengasuh para santri, tlatennya, sabarnya, menjadi kenangan yang tak terduakan dalam hati para santri santri beliau.

Baliau adalah sosok pengayom yang sangat mengena di hati para santri, bahkan santri santri hampir tidak pernah merasakan teguran dari beliau, itu berkat nilai kecintaan beliau kepada santri santrinya, padahal teguran dari seorang Ayah, adalah sebuah ilmu yang berharga untuk santri, namun sang kyai, tanpa menegurpun, santri sudah menunjukkan perubahan baiknya, karomah Kyai Amin Makmun.

KH. Amin Makmun adalah putra pertama dari KH. Abdus Shomad (Putra K. Ahya’ Bin Abdul Hakim Pamekasan, Madura) Dan Ny. H. Hamidah (Putri KH. Dzunaidi Asmuni Pendiri Ponpes Bustanul Ma’mur Genteng). KH. Amin Makmun menerusan perjuangan Abahnya mengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiriyah setelah abah beliau dipanggil oleh Allah pada tahun 1986. Sejak tahun itu sampai saat kewafatan beliau pada tanggal 05 Oktober 2020 kemaren, beliau istikomah meneruskan perjuangan Abahnya dan menjadi sosok peneduh untuk santri dan desanya. 

Banyuwangi Berduka, Pengasuh ke 2 Pondok Pesantren Al-Qodiriyah Tutup Usia

Tepat pada tanggal 05 Oktober 2020, beliau sudah tiada lagi, yang biasa mengasuh para santri sudah tiada lagi, seorang panutan yang ada di hati para santri sudah tiada, sosok yang biasa menjadi panutan contoh contohnya sudah tiada lagi, walaupun beliau sudah tiada, namun kini peran beliau ada di hati, dan sampai kapanpun tetap menjadi sosok KH. Amin Makmun di hati para santri. Beliau dimakamkan di pondok asuhan beliau yaitu Pondok Pesantren Al-Qodiriyah, tepat di timur ndalem beliau. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel