Khutbah Jum’at Umum | Ibadah Adalah Tugas Seorang Hamba

Khutbah Jum’at Umum | Ibadah Adalah Tugas Seorang Hamba

Khutbah Jumat terbaru kali ini berjudul ibadah adalah tugas seorang hamba. Didalam khutbah ini menjelaskan beberapa ibadah ibadah setiap hari yang kadang tidak sadar kita kerjakan, selain itu khutbah kali ini juga membuat pendengar semakin semangat untuk meningkatkan ibadahnya kepada Allah Swt.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَحْبَابُهُ أَهْلُ الطَّاعَةِ الْمُتَّقُوْنَ, وَأَعْدَاؤُهُ الْمُتَمَرِّدُوْنَ الْكَافِرُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةَ عَبْدٍ عَرَفَ قَدْرَ مَعِيَّةِ اللهِ لِلْمُتَّقِيْنَ فَلَمْ يَعْرِفْ اِلَّا الْمُتَّقُوْنَ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ مَهْبِطُ الْوَحْيِ وَسَيِّدُ مَنْ بِهِ يَعْلَمُوْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ لَمْ يَخْشَوْا فِي اللهِ لَوْمَةَ لَائِمٍ وَلَا يَرْهَبُوْا صَوْلَةَ صَائِلٍ وَكَذَلِكَ يَفْعَلُ الْمُخْلِصُوْنَ. اَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah 

Mari dalam kesempatan kali ini, kita semua berusaha selalu meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah, dengan selalu berusaha mengerjakan apa apa yang menjadi kewajiban kita sebagai umat islam, dan selalu berusaha menjauhi segala apa yang menjadi larangan Allah Swt.

Baca juga: Khutbah Jum’at Umum | Cara Menghadapi Ujian

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah

Sebagai manusia yang beragama, tentu kita mempunyai kewajiban menjadi seorang hamba dengan segala tugas tugasnya. Kita diperintah shalat, puasa, dan ibadah ibadah lainnya. Semata mata itu semua bentuk pengabdian kita kepada tuhan kita yaitu Allah Swt.

Ketika kita mengerjakan tugas kita sebagai seorang hamba yaitu mengabdi dengan cara beribadah kepada Allah, Allah memberikan jaminan kepada kita semua balasan surga, surga adalah satu satunya impian akhir dari seorang hamba atas perjuangannya mencari ridla Allah selama di dunia.

Kita harus tahu, bahwa kita diciptakan di dunia tiada lain untuk beribadah kepada Allah, sebagaimana firman Allah Swt:

وَمَا خَلَقْتَ الْجِنَّ وَاْلاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ.

Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk meyembah-Ku (beribadah). (QS. Al-Dzariat: 56).

Baca juga: Khutbah Jumat Umum Nasional | Akhlak Kepada Pemimpin Dan Kewajiban Taat Kepadanya

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah

Perlu kita tahu, ibadah bukan sebatas shalat atau puasa, namun banyak sekali perbuatan perbuatan kita sehari hari yang bernilai ibadah, bahkan kita tidak menyadari itu semua. Seperti halnya setiap hari seorang suami bekerja untuk menghidupi istri dan anak anaknya apalagi juga menghidupi orang tuanya, itu justru sangat bernilai ibadah yang sangat mulia. Atau seorang istri yang kesehariannya mengurus rumah tangga, masak untuk suami dan anaknya apalagi juga masak untuk orang tuanya, menyapu rumah, mengurus anak dan sebagainya, itu juga bernilai ibadah yang sangat mulia. Kita semua tidak sadar, itu semua kita lakukan setiap hari, walaupun kadang kita lakukan dengan keberatan hati, keberatan ikhlas, tapi itu semua tetap kita lakukan, dan kita tidak sadar itu semua bernilai ibadah yang sangat mulia.

Tak hanya itu, kita baik dengan tetangga, berakhlak baik di masyarakat, saling tolong menolong, itu semua juga bernilai ibadah, begitu banyaknya peluang kita untuk beribadah mengabdi kepada Allah Swt, apalagi kita juga bisa menjaga ibadah wajib kita seperti shalat, puasa, dan ibadah wajib lainnya, tentu itu menjadikan kesempurnaan ibadah yang kita lakukan.

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah

Khutbah Jum’at Umum | Ibadah Adalah Tugas Seorang Hamba

Sebagai seorang hamba, kita diberi peluang besar, kita diberi luasnya dunia untuk beribadah kepada Allah, sampai saat ini kita masih diberi umur yang bisa kita nikmati untuk terus beribadah kepada Allah. Maka dari itu mari kita sadari, bahwa kita diciptakan oleh Allah Swt tiada lain kecuali untuk beribadah, kalaupun kita hidup di bumi Allah namun kita tidak beribadah, tentu hidup kita sangat sia sia, karena sekaya kaya kitapun jika tanpa dilengkapi ibadah tentu akan sia sia, karena semua akan tertinggal di dunia, kecuali amal kita, ibadah kita kepada Allah Swt. 

Baca juga: Khutbah Jum’at Umum Terbaru | Berbuat Baik Kepada Tetangga

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah

Mungkin hanya itu khutbah yang dapat kami sampaikan, semoga khutbah ini bisa menjadi pembuka kesadaran kita semua, semoga kita semua bisa menjadi hamba yang pantang menyerah beribadah kepada Allah Swt.

أَعُوْذُ بِا اللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. وَمَا يَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَلَنْ يُكْفَرُوْهُ وَاللهُ عَلِيْمٌ بِالْمُتَّقِيْنَ.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. اَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُوْ اللهَ الْعَظِيْمِ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel