Khutbah Jum'at Terbaru | Keutamaan Menuntut Ilmu

Khutbah Jum'at Terbaru | Keutamaan Menuntut Ilmu

Khutbah jum'at terbaru saat ini berjudul “Keutamaan Menuntut Ilmu”. Di dalam khutbah terbaru saat ini berisi beberapa pesan pesan untuk setiap umat, agar memberi waktu untuk belajar dalam sehari hari hidupnya, selain itu juga berisi beberapa hikmah ketika kita menjadi penuntut ilmu. 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ شَرَعَ لِلنَّاسِ مَا فِيْهِ مَصْلَحَتُهُمْ, فَأَمَرَهُمْ بِكُلِّ مَا فِيْهِ نَفْعُهُمْ, وَنَهَاهُمْ عَنْ كُلِّ مَا يَضُرُّهُمْ, اِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ, أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَهُوَ أَعْدَلُ الْعَادِلِيْنَ وَأَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ, اِنَّ اللهَ بِا النَّاسِ لَرَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ شَهِدَ لَهُ رَبُّهُ بِأَنَّهُ عَلَى خُلُقٍ عَظِيْمٍ. اَللَّهُمَّ صَلِّى وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ ذَوِي الِّلسَانِ الصَّادِقِ وَالْقَلْبِ السَّلِيْمِ, أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Mari kita senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt, dengan berusaha menjalankan perintah perintah-Nya dan berusaha menjauhi segala apa yang menjadi larangan-Nya.

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Sebagai manusia kita mengemban amanah untuk beribadah kepada Allah Swt, baik ibadah yang hukumnya wajib, atau ibadah ibadah sunnah, yang semua itu adalah jalan untuk mengantarkan kita menjadi hamba hamba yang taat dan dicintai Allah Swt.

Perlu kita ketahui semua ibadah ibadah baik yang wajib ataupun sunnah pasti ada tata cara atau aturan sesuai ajaran agama, itu semua menunjukkan bahwa sebuah ibadah juga harus kita lakukan berdasarkan ilmu yang bisa kita dapat dengan cara belajar.

Oleh karena itu, ilmu adalah salah satu pondasi penting untuk menjalankan kehidupan, khususnya untuk beribadah kepada Allah Swt. Dengan menuntut ilmu kita bisa mengerti tata cara shalat, wudlu, puasa, zakat dan lain lainnya. Selain itu dengan menuntut ilmu bisa menjadikan kita sebagai manusia yang berakhlak mulia, menjaga perbuatan, ucapan, dan cara berhubungan dengan orang lain. 

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Kita sebagai umat manusia mendapat perintah untuk menuntut ilmu, untuk belajar agama dan ilmu ilmu lainnya, yang mana dengan ilmu yang kita pelajari tersebut bisa menjadi bekal kita hidup di dunia dan menuju akhirat, sebagaimana yang telah disabdakan Nabi Muhammad Saw:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ.

Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan. (HR.  Baihaqi dan Ibnu Abdil Barr).

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Dengan landasan dalil diatas, kita bisa mengerti bahwa kewajiban menuntul ilmu adalah kewajiban seorang muslim, baik laki laki, maupun perempuan, entah anak anak ataupun sudah dewasa atau tua. Menuntut ilmu tiada batasan umur, jangan hanya karena kita sudah tua, lantas kita enggan belajar agama, belajar shalat, belajar wudlu dan lainnya. Padahal kita sendiri masih belum yakin atas kesempurnaan keilmuan tentang ibadah kita. Sugguh kita akan menjadi orang yang rugi jika kita masih mempunyai kesempatan belajar, namun kita enggan menggunakan waktu itu untuk belajar.

Bahkan dijelaskan dalam hadits:

اُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى الَّلحْدِ.

Carilah ilmu sejak dalam buaian (kandungan) hingga ke liang lahat (mati). (Al-Hadits).

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Mari kita kedepan berupaya menjadikan diri kita masing masing untuk memberikan waktu luang untuk belajar, terutama untuk belajar agama, kita datangi kyai kyai, kita datangi majlis majlis ilmu, kita belajar fiqih, shalat, wudlu, akhlak dan lainnya. Kita ajak keluarga kita terutama anak kita, agar anak kita terbiasa dengan belajar belajar ilmu agama, yang kelak anak kitalah yang menjadi penolong kita di akhirat.

Nabi Muhammad Bersabda:

Khutbah Jumat Terbaru Keutamaan Menuntut Ilmu

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ.

Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu, niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga. (HR. Turmudzi).

Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Semoga kita semua menjadi hamba hamba yang mencintai ilmu, diberi waktu untuk belajar agama, dan semoa kita selalu dalam bimbingan Allah Swt. Amin ya rabbal alamin.

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, فَسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَالْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel