Dosa Di Dunia Akan Membuat Kita Menyesal Di Akhirat

Khutbah Jum’at Bulan Shofar Terbaru 1

Tema: Dosa di dunia akan membuat kita menyesal di akhirat

Khutbah jumat ini di tulis oleh Ustad Mohamad Nurofik, khutbah ini berhaluan Aswaja, simple, padat, jelas, dan mudah di fahami oleh mustamiin, semoga bermanfaat, silahkan di amalkan.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَلَى وَقَهَرْ. وَعَزَّ وَاقْتَدَرْ. فَسُبْحَانَهُ مِنْ اِلَهٍ عَظِيْمٍ لَا يُمَاثَلُ وَلَا يُضَاهَى وَلَا يُدْرِكُهُ بَصَرْ.

أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى نِعَمِهِ مَا اخْتَفَى مِنْهَا وَمَا ظَهَرْ, وَأَشْكُرُهُ وَلَمْ  يَزَلْ سُبْحَانَهُ يُوْلِى اِحْسَانَهُ مَنْ شَكَرْ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ عَلَى رَغْمِ أَنْفِ مَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرْ. شَهَادَةً أَدَّخِرُهَا لِيَوْمٍ لَا مَلْجَأَ فِيْهِ وَلَاوَزَرْ.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلبَشَرْ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ الَّذِيْ قَرَّرَ قَوَاعِدَ الْاِسْلَامِ حَتَّى اسْتَقَرْ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ السَّادَةِ الْغُرَرْ.

اَلَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْ اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ فَمَا وَهِيَ عَزْمُ أَحْدِهِمْ وَلَا فَتَرْ.

أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى كَاَا أَمَرْ. وَاتْرُكُوا الْفَوَاحِشَ مَا بَطَنَ مِنْهَا وَمَا ظَهَرْ.

Hadirin jama’ah jum’at rohimakumullah.

Mari kita bersama sama meningkatkan rasa takwa kepada Allah dan selalu berusa menjalankan perintahnya, dan menjauhi larangannya. Harus kita ketahui sesungguhnya dunia ini hanyalah tempat kita mampir, untuk mengumpulkan amal amal yang menjadi bekal kelak di akhirat.

Hadirin jama’ah jum’at rohimakumullah.

Kita harus tau bahwa banyak orang yang sudah berangkat mendahului kita ke alam kubur, dan kita harus menyadari bahwa kelak kita akan merasakan hal yang sama untuk menyusul mereka.

Sebaik baik kematian adalah ketika seseorang meninggal dalam keadaan membawa iman dan amal sholih, kematian adalah titik dimana pindahnya alam dunia menuju ke alam kubur.

Bagi orang sholih atau wali Allah kematian adalah sebuah malam pengantin, karena di hari itu adalah awal dari perjalanan bertemu Allah Swt, namun beda dengan  orang yang merugi saat di hidup di dunia, kematian adalah titik awal dari penyesalan, dan pertanggungjawaban hal hal yang di lakukan di dunia.

Baca Juga: Khutbah Jum'at Bulan Muharrom Terbaru

Kehidupan di dunia sangat berbeda dengan alam kubur, alam kubur menjadi pembukaan dari perjalanan kita ke akhirat, bahkan jika kita menjadi orang yang merugi saat hidup di dunia kelak di alam kubur pun kita akan mendapat balasan dari Allah Swt.

Nabi Muhammad bersabda:

اَنَّ الْقَبْرَ أَوَّلُ مَنَازِلِ الْاَخِرَةِ فَاِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَاِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ.

Artinya: Sesungguhnya alam kubur adalah awal  dari akhirat, maka jika selamat dari siksa kubur, maka perkara sesudahnya akan lebih mudah dari alam kubur, dan jika tidak selamat dari siksa kubur, maka perkara sesudah siksa kubur akan lebih berat dari alam kubur. (H.R Turmudzi).

Hadirin jama’ah jum’at rohimakumullah.

Setelah kita berada dalam alam kubur, kita menunggu hari yang dahsyat, yaitu hari dimana para penghuni alam kubur bangun dari kuburnya, semua penghuni kubur bangun, dan melihat denga tatapan mata ke bawah, semua penghuni kubur keluar dari kuburnya ibarat belalang yang berterbangan.

Kehidupan kita di akhirat akan di tentukan oleh kehidupan kita di dunia, jika kita di dunia banyak toat kepada Allah, menjalankan perintahnya insyallah kita akan menjadi orang yang beruntung, dan sebaliknya jika kita di dunia menjadi orang yang lalai akan perintah Allah, hal itupun yang akan kita pertanggung jawabkan di akhirat.

Tema: Dosa di dunia akan membuat kita menyesal di akhirat


Allah Swt berfirman:

اِنَّ الْمُجْرِمِيْنَ فِي ضَلَالٍ وَسُعُرٍ. يَوْمَ يُسْحَبُوْنَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوْهِهِمْ ذُوْقُوا مَسَّ سَقَرْ.

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka, ingatlah pada hari mereka di seret ke neraka atas muka mereka (dikatakan kepada mereka) “rasakan sentuhan api neraka”. (Q.S Al-Qomar Ayat: 47-48).

Hadirin jama’ah jum’at rohimakumullah.

Harus kita ketahui, sesungguhnya kehidupan di akhirat hanyalah kita sendiri yang mempersiapkan, tiada kesempatan yang nyata lagi selain kesempatan hidup kita di dunia ini, jangan jadikan kehidupan kita di akhirat dengan penyesalan penyesalan karena dosa yang kita lakukan di dunia ini.

Baca juga: Khutbah Jum’at Bulan Muharrom Terbaru 4

Jangan jadikan malas, godaan syetan sebagai penghambat kita untuk menjalankan perintah perintah Allah, semata mata kita hanya ingin menjadi hamba yang di ridloi Allah Swt.

Semoga kita semua tergolong orang orang yang beruntung kelak di alam kubur dan di akhirat.

Amin ya robbal alamin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. وَلَوْ تَرَى اِذْوُقِفُوْا عَلَى النَّارِ فَقَالُوْ يَالَيْتَنَا نُرَدُّ وَلَا نُكَذِّبَ بِاَيَاتِ رَبَّنَا وَنَكُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ. بَلْ بَدَالَهُمْ مَّا كَانُوْا يُخْفُوْنَ مِنْ قَبْلُ وَلَوْ رُدُّوْا لَعَادُوْا لِمَا نُهُوْا عَنْهُ وَاِنَّهُمْ لَكَذِبُوْنْ.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي اْلقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَاِيَّاكُمْ بِالْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ تَعَالَى جَوَّادٌ كَرِيْمٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْمِ.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel