Mengingat Kematian Adalah Cara Untuk Berbuat Kebaikan

Khutbah Jum’at Bulan Shofar Terbaru 4

Tema: Mengingat Kematian Adalah Cara Untuk Berbuat Kebaikan.

Khutbah jum’at terbaru ini di tulis oleh Ustad Mohamad Nurofik.

اَلْحَمْدُ للهِ مَلِكِ الْعَلَّامْ. الْقُدُوْسِ السَّلَامْ. أَحْمَدُهُ سُبْحَنَهُ عَلَى نِعَمِهِ الْجِسَامِ. وَأَشْكُرُهُ عَلَى مَا أَوْلَاهُ مِنْ جَزِيْلِ الْفَضْلِ وَالْاِنْعَامِ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُتَفَرِّدُ بِالْبَقَاءِ وَالدَّوَامِ. شَهَادَةً أَرْجُوْبِهَا السَّلَامَةَ يَوْمَ الْقُدُوْمِ عَلَيْهِ فَهُوَ الْمُسَلَّمُ وَالسَّلَامُ.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَشْرَفُ مُرْسَلٍ وَأَكْمَلُ اِمَامِ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ الْمَخْتُوْمِ بِخَاتَمِ النُّبُوَّةِ وَالْمُظَلَّلِ بِالْغَمَامِ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْبَرَرَةِ الْكِرَامِ. صَلَاةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَعَاقِبَيْنِ مَا أَعْقَبَ ضَوْءًا ظَلَامْ.

أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيًّهَا النَّاسُ اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى عِبَادَ اللهِ مَا هَذِهِ الْغَفَلَاتُ وَالْاِغْتِرَارْ. وَقَدْ أَيْقَنْتُمْ أَنَّ دَارَ الْفَنَاءِ لَيْسَتْ لَكُمْ بِدَارِ قَرَارْ.

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah

Mari senantiasa kita meningkatkan takwa kita kepada Allah, dengan manjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Dalam kehidupan sehari hari, kita sering lupa akan perintah Allah, ketika waktu adzan terkadang kita terlupakan karena sibuknya kerja, atau lainnya, ketika punya uang kita lupa untuk shodakoh karena kita dibuat lupa oleh nafsu kita untuk belanja ini itu dan lainnya.

Padahal kita tahu, bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara dan terbatas waktu jelas, bahkan bisa di sebut hal yang paling dekat dengan kita adalah kematian, karena kita tidak tahu kapan itu datang, bisa nanti, besok atau lusa.

Kita sering lupa dengan beramal sholih, sholat, shodakoh, dan berbuat kebaikan lainnya, itu semua di sebabkan karena dalam hati kita tidak selalu ingat dengan kematian dan akhirat.

Sesungguhnya salah satu cara untuk menjadikan diri kita termotifasi untuk melakukan sebuah kebaikan adalah dengan cara kita selalu mengingat taqdir Allah yang tidak bisa di sangka yaitu kematian.

Ada sebuah hadist yang menyebutkan:

أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذِمِ فَاِنَّكُمْ لَا تَذْكُرُوْنَهُ فِي كَثِيْرٍ اِلَّا قَلَّلَهُ وَلَا فِى قَلِيْلٍ اِلَّا كَثَّرَهُ.

Artinya: Perbanyak banyaklah mengingat pemutus kelezatan yaitu kematian, sesungguhnya tidak akan mengingat sesuatu yang lebih banyak kecuali akan menjadikan sedikit, dan tidak mengingatkan sesuatu yang sedikit, kecuali menjadikan sesuatu yang banyak. (H.R Ibnu Hibban).

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah

Perlu kita ketahui kenapa kita di suruh untuk lebih banyak mengingat kematian, karena dengan mengingat kematian kita akan banyak berfikir hal apa yang sekiranya bisa kita persiapkan untuk bekal kita ketika mati. Maka dari itulah kita akan bisa semangat dan termotifasi untuk memperbanyak melakukan amal perbuatan baik dan senantiasa mengingat perintah perintah Allah.

Tema: Mengingat Kematian Adalah Cara Untuk Berbuat Kebaikan.


Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah

Kematian adalah taqdir Allah yang sama sekali tidak ada yang bisa menundanya, kadang masih muda sudah meninggal, ada yang tua, ada yang sedang bekerja, sedang tidur dan banyak lagi contoh lainnya.

Menuanya diri kita, bertambahnya umur kita adalah tanda bahwa diri kita semakin dekat dengan kematian yang di takdirkan Allah, semua manusia sebenarnya sudah memiliki batas waktu sendiri dalam hidupnya, sebagaimana dalam Firman Allah Swt:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَاِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ.

Artinya: Tiap-tiap umat mempunya batas waktu (kematian), maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat pula memajukannya. (Q.S Al-A’raf Ayat: 34).

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah.

Hidup kita di dunia ini adalah sebuah kesempatan dari Allah untuk mengumpulkan amal sholih untuk bekal di akhirat, marilah kita memperbanyak mengingat kematian, karena itulah cara yang baik agar kita senantiasa ingat apa yang sudah kita persiapkan untuk menuju akhirat.

Baca Juga: Khutbah Jum'at Terbaru Bulas Shofar 3

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah

Demikianlah khutbah yang dapat kami sampaikan, semoga kita semua bisa istikomah menjalankan perintah perintah Allah, dan semoga kita mendapat ampunan dari Allah. Amin Ya robbal Alamin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. كَاَّْ اِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ, وَقِيْلَ مَنْ رَاقٍ, وَظَنَّ اَنَّهُ الْفِرَاقُ. وَالْتَفَّتِ السَّاقُ بِالسَّاقِ. اِلَى رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمَسَاقُ. فَلَاصَدَّقَ وَلَا صَلَّى, وَلَكِنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّى, ثُمَّ ذَهَبَ اِلَى أَهْلِهِ يَتَمَطَّى, أَوْلَى لَكَ فَأُوْلَى ثُمَّ أَوْلَى لَكَ فَأَوْلَى, اَيَحْسَبُ اْلاِنْسَانُ أَنْ يُتْرَكَ سُدًى, أَلَمْ يَكُ نُطْفَةً مِّنْ مَّنِيٍّ يُمْنَى, ثُمَّ كَانَ عَلَقَةً فَخَلَقَ فَسَوَّى, فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْاُنْثَى, أَلَيْسَ ذَلِكَ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يُحْيِيَ الْمَوْتَى.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَاِيَّاكُمْ بِالْاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ تَعَالَى جَوَّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.

Kunjungi Facebook Ketua Ldsi Online Atas Nama Mohamad Nurofik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel