Bersyukur Menjadi Umat Nabi Muhammad Saw

Khutbah Jum’at Bulan Shofar Terbaru 3.

Tema: Bersyukur Menjadi Umat Nabi Muhammad Saw.

Khutbah Jum’at terbaru, oleh Ustad Mohamad Nurofik.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ مُحَمَّدًا بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. وَدَاعِيًا اِلَى اللهِ بِاِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرَا. فَسُبْحَانَ مَنِ اخْتَصَّ بِالتَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ مَنْ شَاءَ بِالْحِرْمَانِ فَكَانَ حَظُّهُ نُفُوْرًا وَتَنْفِيْرًا.

اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ اِذْ هَدَانَا لِلْاِسْلَامِ كَرَمًا مِنْهُ وَاِحْسَانًا وَلَمْ يَزَلْ سُبْحَانِهُ بِا لْاِحْسَانِ جَدِيْرًا. وَأَشْكُرُهُ اِذْ أَشْبَلَ عَلَيْنَا مِنْ سَحَائِبِ كَرَمِهِ وَابِلًا غَزِيْرًا.

وَأَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهْ سَهَادَةَ مَنْ نَزَّهُ مَوْلَاهُ عَنِ الشِّرْكِ بِهِ وَكَبَّرَهُ تَكْبِيْرًا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهْ. اَرْسَلَهُ يُكَسِّرُ الْأَصْنَامَ وَيَهْدِمُ أَوْثَانًا وَيَمْحُوْ شِرْكًا مَخْذُوْلًا حَقِيْرًا.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ الَّذِيْ أَوْضَحَ مَنْهَجَ الْحَقِّ حَتَّى أَضْحَى مُشْرِقًا مُنِيْرًا. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُ عَلَى الْحَقِّ ظَهِيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا النَّاسْ اِتَّقُوْا للهَ تَعَالَى وَاشْكُرُوْهُ عَلَى مَا مَنَّ بِهِ عَلَيْكُمْ مِنْ فَضْلِهِ اْلعَمِيْمِ.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rohimakumullah.

Mari kita selalu meningkatkan rasa takwa kita kepada Allah Swt dengan menjalankan perintah perintahnya dan menjauhi larangannya.

Hadirin Jama’ah Jum’at Rohimakumullah.

Kita harus bersyukur, sebagai umat islam kita mempuanya junjungan dari utusan Allah, yakni Nabi Muhammad Saw, yang mana beliau telah membimbing kita dari jaman jahiliah menuju jaman terang benderang ini.

Nabi muhammad Saw adalah nabi yang sangat sayang kepada umatnya, kesayangan Nabi Muhammad kepada umatnya tak terbatas layaknya air yang mengalir sepanjang waktu, dalam Al-Qur’an di jelaskan:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَؤًوْفٌ رَّحِيْمٌ.

Artinya: Sunnguh telah datang kepadamu seorang Rosul dari kaummu sendiri, berar terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang orang yang mukmin. (Q.S At – Taubah Ayat: 128).

Hadirin Jama’ah Jum’at Rohimakumullah.

Kita bisa melihat betapa besarnya kasih sayang Nabi Muhammad Saw kepada umatnya, bahkan bukti kasih sayangnya Nabi Muhammad Saw kepada umatnya masih menjadi cerita yang abadi di dalam kitab durrotun Nasihin.

Di dalam kitab durrotun nasihin, menceritakan tatkala malaikat izroil turun ke bumi untuk mencabut nyawa Nabi Muhammad.

Di akhir hayatnya, nabi muhammad menyebut nyebut umatnya, dan itulah bukti bahwa kasih sayang nabi muhammad kepada umatnya tiada batas sampai saat ini juga.

bersyukur menjadi umat nabi muhammad saw


Beruntunglah kita semua sebagai umat islam dan mempunya junjungan dari utusan Allah yaitu Nabi Muhammad, karena sesungguhnya sabda sabda beliaulah yang sampai saat ini menjadi contoh untuk kehidupan kita, sebagai mana sabdanya dalah sebuah hadist:

اِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ وَاَوْثَقَ الْعُرَى كَلِمَةُ التَّقْوَى وَخَيْرَ الْمِلَلِ مِلَّةُ اِبْرَاهِيْمَ وَأَحْسَنَ السُّنَنِ سُنَّةُ مُحَمَّدٍ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَشْرَفَ الْحَدِيْثِ ذِكْرُ اللهِ وَخَيْرَ الْقَصَصَ هَذَا الْقُرْأَنُ وَخَيْرَ اْلاُمُوْرِ عَوَارِفُهَا وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَاَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْىُ الْأَنْبِيَاءِ.( الحديث).

Artinya: Sesungguhnya sebanar benarnya perkataan adalah Al-Qur’an, pedoman yang paling kokoh adalah kalimat takwa, agama yang paling benar adalah agama nabi ibrohim, perbuatan yang paling bagus yaitu sunnah Nabi Muhammad, ucapan yang paling mulia adalah dzikir kepada Allah, cerita yang paling bagus yaitu Al-Qur’an, perkara yang paling bagus yaitu perkara yang sudah di kenal, perkara yang paling tercela yaitu perkara yang di buat buat, petunjuk yang paling bagus adalah petunjuk dari para Nabi. (H.R At-Tirmidzi).

Hadirin Jama’ah Jum’at Rohimakumullah.

Mari kita syukuri nikmat hidup kita yang bisa menjadi umat Nabi Muhammad Saw, yang mana sampai saat ini sunnah sunnah beliau masih menemani kita semua demi selamatnya umatnya dari siksa neraka.

Baca Juga: Khutbah Jum'at Bulan Shofar Terbaru 1

Mari kita wujudkan syukur kita dengan menjalankan sunnah sunnah beliau dalam kehidupan sehari hari, semoga kita semua di beri kemudahan dalam menjalan perintah perintah Allah dan Nabi Muhammad Saw. Amin ya robbal alamin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. مَنْ يُطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا اَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَاِيَّاكُمْ بِالْاَيَاتِ وَلذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ تَعَالَى جَوَادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel