Hanya Amal Bekal Kita Menuju Akhirat

Khutbah Jum’at Bulan Shofar Terbaru 2

Tema: Hanya Amal Bekal Kita Menuju Akhirat

Kutbah jumat ini di tulis oleh Ustad Mohamad Nurofik, khutbah simpel, padat, singkat, jelas, dan mudah di fahami oleh mustamik.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ احْتَجَبَ فِيْ هَذِهِ الدَّارِ عَنِ لَوَاحِظِ خَلْقِهِ وَامْتَنَعْ. وَعَلَا بِقَهْرِهِ وَقَدْرِهِ وَذَاتِهِ فَوْقَ جَمِيْعِ مَخْلُوْقَاتِهِ وَارْتَفَعْ.

أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ حَمْدً مَنْ أَنَابَ اِلَيْهِ وَرَجَعْ. وَأَ شْكُرُهُ عَلَى مَا صَرَفَ مِنَ الْمَكْرُوْهِ وَدَفَعْ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهْ اِلَهٌ ذَلَّ لَهُ كُلُّ شَيْءٍ وَخَضَعْ. وَعَلِمَ مَا تُسِرُّهُ الضَّمَائِرُ وَاطَّلَعْ.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَشْرَفُ مُرْسَلٍ وَأَهْدَى مُتَّبَعْ. نَبِيٌّ نَظَمَ اللهُ بِهِ شَمْلَ اْلاِسْلَامِ وَجَمَعْ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ اُوْلِي التَّقْوَى وَالْوَرَعْ. مَالَيْلٌ دَجَى وَفَجَرُ طَلَعْ.

اَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى يَاجَامَعَا لِغَيْرِهِ وَلِنَفْسِهِ لَمْ يَجْمَعْ.

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah.

Mari kita meningkatkan rasa takwa kita kepada Allah Swt, dengan selalu berusaha menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Dalam kehidupan sehari hari, kita terkadang lupa untuk mengumpulkan bekal untuk menuju akhirat, padahal kita tahu bahwa kita semua akan merasakan kematian dan menuju akhirat.

Kita sering sibuk, bahkan hampir setiap hari, sibuk mencari uang, sibuk bekerja, ke ladang, sawah, nyopir, ke kantor, dan lainnya. Sampai sampai sibuk kita itu kadang membuat kita lalai kepada Allah dan apa yang di perintahkanNya.

Padahal jika kita tahu apa yang kita perbuat di dunia tidak bernilai ibadah kepada Allah, apalagi sampai membuat mengabaikan perintah Allah, itu semua tidak akan kita bawa kelak di akhirat.

Nabi Muhammad Saw bersabda:

يَتْبَعَ الْمَيِّتَ ثَلَاثَةٌ: أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى وَاحِدٌ: يَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَيَبْقَى عَمَلُهُ.

Artinya: Tiga perkara yang mengikuti mayit ke kubur, yaitu keluarga, harta dan amalnya, lalu yang dua kembali dan yang satu tetap menemani, keluarga dan harta akan kembali dan amal akan tetap menemaninya. (H.R Bukhori Muslim No: 2960).

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah.

Perlu kita tahu, sejatinya amal kitalah yang menjadi bekal dan teman kita kelak di akhirat, dan amal itulah yang menjadi penentu kehidupan kita kelak di akhirat.

Baca Juga: Khutbah Jum'at Bulam Muharrom Terbaru 4

Di akhirat kita akan di tagih dan akan mempertanggungjawabkan perbuatan kita di dunia, Allah akan mengumpulkan semua makhluk mulai dari yang awal sampai dengan yang akhir. Di hari itu penduduk bumi dan langit bertemu, catatan amal selama hidup di buka.

Hari itu akan menjadi hari yang menggembirakan buat orang orang sholih yang amal baiknya banyak ketika hidup di dunia, dan menjadi hari yang menyedihkan buat orang yang semasa hidupnya menjadi orang yang rugi yaitu orang yang hidup di dunia tetapi tidak mengumpulkan bekal amal untuk akhirat dan enggan melaksanakan perintah Allah semasa hidupnya

Hari itu menjadi hari penentu untuk kehidupan kita di akhirat, amal kita di hitung, di hisab, dan di timbang, kelak jika timbangan kita berat untuk amal kebaikan, kita akan merasakan nikmatnya syurga, namun jika timbangan amal kita lebih berat amal kejelekan dan meninggalkan perintah Allah, maka itu akan menjadi alamat celaka untuk kita.

Allah Swt berfirman:

فَأَمَّا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَهُمْ فِيْ رَوْضَةٍ يُحْبَرُوْنَ. وَأَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوْا بِاَيَاتِنَا وَلِقَاءِ اْلاَخِرَةِ فَأُ لَئِكَ فِيْ الْعَذَابِ مُحْضَرُوْنَ.

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih, maka mereka di dalam taman syurga bergembira. Adapun orang orang yang kafir dan mendustakan ayat ayat Kami (Al-Qur’an serta mendustakan menemui hari akhirat, maka mereka tetap berada di dalam siksaan neraka. (Q.S Ar-Rum Ayat 15-16).

Tema: Hanya Amal Bekal Kita Menuju Akhirat


Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah.

Mari kita jadikan ayat itu sebagai renungan buat kita masing masing, sudahkan kita hidup di dunia ini mempersiapkan kehidupan kita di akhirat, sudahkan kita mengumpulkan bekal kita menuju akhirat.

Hadirin jama’ah jumat rohimakumullah.

Kita hidu di dunia ibarat orang yang mampir ikut minum di rumah orang, kita hanyalah satu kali hidup di dunia ini, tidak ada yang tau nanti, esok atau lusa, kapan kita di panggil oleh Allah.

Baca Juga: Kutbah Jum'at Bulam Shofar Terbaru 1

Maka dari itu, mari kita jadikan sisa umur kita sebuah kesempatan untuk mempersiapkan panggilan Allah, mari kita berlomba lomba mengumpulkan bekal dan amal sholih untuk mempersiapkan kehidupan kita di akhirat. Semata mata hanya untuk menggapai ridloNya.

Semoha kita semua di beri kemudahan untuk menjalan perintah perintah Allah, dan di jadikan umat yang beruntung kelah di akhirat, Amin ya Robbal alamin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَتَفَرَّقُوْنَ. فَأَمَّا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَّالِحَاتِ فَهُمْ فِي رَوْضَةٍ يُحْبَرُوْنَ. وَأَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوا بِاَيَاتِنَا وَلِقَاءِ الْاَخِرَةِ فَأُوْلَئِكَ فِي الْعَذَابِ مُحْضَرُوْنَ.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي اْلقُرْاَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنَا وَاِيَّاكُمْ بِاْلاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ تَعَالَى جَوَادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel